free web site traffic and promotion

Minggu, 30 Desember 2012

Tips pilihan persalinan bayi

Tips  Pilihan Persalinan bayi

Bagi anda para calon ibu yang saat ini sedang mengandung dan mengidamkan persalinan secara normal, maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan ingat. Melahirkan adalah suatu proses yang  tidak main – main karena secara langsung berkaitan dengan nyawa. Setiap ibu yang melahirkan bisa di katakan sedang berjuang dan bertaruh dengan nyawanya serta nyawa bayi yang akan dia lahirkan. Oleh sebab itu, sebelum melahirkan, atau bahkan sebelum mengandung, ibu perlu memperhatikan pola hidup sehat agar dikemudian hari, persalinan berjalan dengan lancar dan si anak tumbuh dengan baik.
Perbandingan Melahirkan Normal Dengan Operasi

Persalinan Normal adalah suatu proses persalinan dimana bayi dilahirkan secara alami melalui vagina. Ada beberapa tanda persalinan normal, yaitu:
- Terjadi kontraksi rahim yang sakit dan teratur
- Biasa diikuti oleh keluar lendir bercampur dengan darah dari vagina
- Biasa terjadi pecah ketuban atau keluarnya cairan dari vagina

Proses melahirkan secara alami bisa berlangsung sangat lama dan menyakitkan dari mulai pembukaan sampai siap melahirkan. Persiapan melahirkan normal akan sangat menentukan bagaimana proses melahirkan berlangsung. Proses penyembuhan melahirkan normal biasanya lebih cepat  dibandingkan melahirkan dengan jalan operasi.

Persalinan Dengan operasi Caesar biasanya diambil karena adanya beberapa sebab, seperti:

1. Pre-eklampsia  adalah gejala terjadinya hipertensi pada masa kehamilan yang ditandai dengan 3 gejala khas, yakni naiknya tekanan darah di atas 140/90 mmHG, pembengkakan anggota tubuh, dan adanya protein di dalam air seni ibu,  Kehamilan ganda, obesitas, sejarah medis adanya darah tinggi, diabetes  atau kelainan ginjal dan kehamilan pada masa remaja atau di atas 40 tahun merupakan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Preeklampsia.
2. Plasenta previa adalah Pendarahan di plasenta hal ini bisa terjadi kerena sang ibu terjatuh ataupun kondisi (stamina ) janin kurang kuat , di mana posisi plasenta terlalu dekat atau bahkan menutupi serviks. Plasenta adalah organ vital yang menjadi jembatan antara ibu dengan bayi dan memberi suplai nutrisi melalui tali pusar janin.
3.  Rongga panggul ibu tidak normal
4.  Air ketuban telah habis atau meracuni bayi ( bisa kehabisan oksigen )
5. Detak jantung bayi lambat
6.  Bayi terlalu besar
7. Bayi pada posisi duduk ( sungsang) waktu mau melahirkan.
8. Tali pusar janin melilit di leher .
9. Tali pusar janin sudah kurang bagus untuk supply oksigen dan nutrisi ke janin

Tips Persiapan Melahirkan Normal

Bagi anda yang ingin melahirkan secara normal, berikut ada beberapa tips agar proses persalinan berjalan lancar:
- Berjalan naik turun tangga. Cara ini berguna agar pada saat kelahiran, bayi lahir dengan lancar.
- Menjaga pola hidup sehat. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjauhi rokok dan alcohol sangat dianjurkan. Periksakan secara rutin kehamilan anda ke dokter dan lakukan apa yang dianjurkan. Kesehatan anda menentukan kelancaran proses persalinan.
- Tetap aktif. Semakin dekat dengan waktu persalinan, maka kontraksi akan sering terjadi. Tetaplah aktif meski kontraksi sering terjadi.
- Melakukan pijat perineum yaitu memijat daerah antara vagina dan anus agar lentur.
- Melakukan senam hamil.
- Cukup istirahat agar tubuh tetap segar.
-Bila dokter memberi obat saat menjelang  persalinan perlu di tanya dengan jelas kegunaan obat yang di berikan.
 -Point yang sangat penting  adalah bawa pikiran yang tenang , dan atur napas saat persalinan berlangsung karena dengan mengatur napas, anda akan mempunyai  tenaga yang cukup untuk mendorong bayi lahir secara normal.

Dengan menerapkan beberapa langkah sederhana di atas, maka proses kelahiran akan berjalan lancar. Namun, jangan pula berkecil hati apabila anda sudah melakukan persiapan melahirkan normal namun dokter menyarankan anda untuk mengambil jalan operasi karena mungkin terdapat sesuatu yang memang mengharuskan anda untuk mengambil alternative itu.tapi tanyakan dengan jelas  fungsi obat yang di berikan tersebut.
Jadi pilihan persalinan yang paling bagus adalah
1.Persalinan normal
2.Caesar
Usahakan jangan pakai vacum persalinan nya karena urat syaraf di kepala bayi bisa terganggu.
persalinan pakai vacum beresiko pada anak
Hal ini akan ibu ketahui  saat anak masuk sekolah sekitar kelas 2, kelas 3, kelas 4 SD, menghafal dan matematika nya akan sangat lambat di pelajarinya, ha.......(^-^)

Pada saat awal hamil ( 3 bulan pertama ) jangan banyak makan buah jeruk, nenas, karena bisa terjadi Plasenta previa tadi, dan di anjurkan untuk makan pisang , jus tomat yang tidak pakai Es, agar kebutuhan asam folat, vitamin dan mineral mencukupi.
Bagi ibu yang cocok minum soya milk dan Alpukat juga boleh minum namun jangan berlebihan dan jangan terlalu manis karena bisa cepat menimbulkan panas dalam  tubuh.

1 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More