free web site traffic and promotion

Sabtu, 22 Desember 2012

Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Alpukat

Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil
Alpukat  adalah buah yang paling kaya asam folat . zat gizi nya  bahkan sudah harus dipenuhi oleh ibu yang berniat hamil dan juga ibu hamil yang  baru terbentuk embrio ( Janin ).

Asam folat adalah nutrisi yang sangat di butuhkan oleh ibu hamil agar calon buah hati bisa tumbuh sempurna . Bayi yang kekurangan asam folat bisa mempengaruhi pembentukan fungsi otak, saraf, sumsum tulang , jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih, serta cacat anggota tubuh lainnya. Jadi Kekurangan asam folat bisa berakibat bayi yang dilahirkan kurang sempurna.
Embrio

Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain asam folat dan lemak, alpukat mengandung serat yang mampu membantu pencegahan  sembelit  yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kadar kalium bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah.

 Banyak  makanan tradisional Indonesia kaya akan asam folat, seperti sayuran berwarna hijau, buah-buahan berwarna jingga dan merah. Sumber asam folat pada bahan makanan lain adalah pisang, susu,  jeruk, brokoli, taoge, dan kacang-kacangan (termasuk tahu, tempe). Kalau kita sering makan rujak buah,  tentunya kebutuhan akan asam folat akan terpenuhi.

Dalam berbagai kesempatan para ahli telah menganjurkan agar para ibu hamil sebaiknya mengasup sumber asam folat dari buah-buahan segar atau sayur lalap. Sebab 80 persen kandungan asam folatnya hilang saat proses pemasakan.

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Ibu hamil membutuh lemak sebagai penghasil energi, tentunya akan lebih baik bila lemak yang diasup bersifat tak jenuh. Bagi wanita hamil keadaan kulitnya menjadi sensitif karena perubahan hormon.


Seperti pada zat-zat gizi lain, kalau janin tidak memperoleh pasokan asam folat, dia akan mengambil cadangan asam folat dari sang ibu. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan ibu. Selain anemia, letih, lesu, insomnia (susah tidur), pelupa, depresi, sampai rambut beruban, ibu terancam pula oleh risiko lain seperti  terkena kanker usus besar, payudara, dan pankreas. Kalau fungsi pangkreas menurun maka bisa menyebabkan terjadinya diabetes. Hm.....

Buah alpukat mengandung berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan kulit dalam pembentukkan jaringan kolagen, selain itu buah alpukat juga mengandung nutrisi zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, dan C, dan juga vitamin B kompleks, dan E. Alpukat  sebagai Sumber vitamin E terbaik.fungsi vitamin  E di dalam tubuh kita berperan penting untuk melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit dan membantu  memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Meredakan sindrom pra-haid.
Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah alpukat memilik khasiat untuk meredakan sindrom pra-haid atau menstruasi yang diderita para kaum hawa pada umumnya karena pembentukan sel darah merahnya cepat.

Mencegah anemia.
Zat besi dan tembaga di dalam buah alpukat sangat diperlukan untuk proses regenerasi sel darah merah sehingga mampu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.
Sangat baik jika di gunakan sebagai antioxidant, pencernaan dan peredaran darah.

Untuk Ibu Hamil mudah sampai 3,5 bulan di anjurkan tidak mengkonsumsi jeruk dan Nenas terlalu banyak,boleh sedikit saja, karena bila janin nya lemah  dan makan buah jeruk / Nanes banyak, bisa menyebabkan terjadi nya keguguran.
Source ( berbagai sumber)


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More