free web site traffic and promotion

Minggu, 30 Desember 2012

Manfaat serai

KEGUNAAN SERAI UNTUK OBAT KESEHATAN
Serai di cuci bersih dan  rebus dengan air putih untuk minum, pengunaan secara  rutin  selama beberapa bulan akan mengurangi asam urat.
Proses ramuan nya  3 batang serai dicuci bersih dan memarkan, rebus dengan 3 gelas  air putih sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring air tadi dan di minum saat masih  hangat, lakukan hal ini secara rutin hingga beberapa bukan, maka akan terasa manfaatnya. ( ^_^)

Ambil beberapa batang serai cuci bersih lalu memarkan dan  rebus  dengan air putih di pakai saat masih hangat suam-suam kuku berguna untuk mengurangi rematik.
Khasiat lain (sakit kepala, nyeri lambung, diare) ambil beberapa tetes minyak serai Atsiri  untuk  diminum. Minyak Atsiri serei bisa di pakai untuk mengusir nyamuk dan serangga.
Sedangkan manfaat untuk di dapur adalah sebagai bumbu masak (menghilangkan bau hamis ) seperti masak daging ayam, ikan, rendang, tomyam dan juga sebagai bahan membuat sambal mentah.

Manfaat lain, serai wangi ditanam khas untuk pengeluaran minyak patinya. Serai wangi menghasilkan minyak pati yang dikenali sebagai “citronella oil” di pasaran antarbangsa. Minyak sitronela mengandung dua bahan kimia penting, yaitu sitronelal dan geraniol.

Sitronelal dan geraniol digunakan untuk bahan dasar pembuatan ester seperti hidroksi sitronelal, genaniol asetat, dan mentol sintetik. Yang mempunyai sifat lebih stabil dan banyak digunakan dalam industri wangi-wangian. Hidroksi sitronelal penting untuk sabun dan minyak wangi yang berharga tinggi, dan mentol untuk bahan dasar obat batuk, obat gigi, dan pencuci mulut. (^~^)

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More